Asus-A6J-charger Dell-2700-charger Asus-A7MB-charger Asus-ADP-120RH-charger Asus-ET2203T-charger Asus-EXA1203YH-charger Asus-EXA1208CH-charger Asus-F3U-charger alcoenergy.com

Langkah-langkah Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Langkah-langkah Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Selamat datang di website resmi kami, dalam kesempatan kali ini kami sebagai admin website ini akan membuat artikel mengenai kesehatan anda, nah dalam kesempatan kali ini kami akan membahas artikel tentang “Langkah-langkah Memandikan Bayi yang Baru Lahir” silahkan baca artikelnya dibawah ini :

Langkah-langkah Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Memandikan bayi yang baru lahir adalah pengalaman berharga bagi orang tua bayi. Pengalaman dapat membawa Anda lebih dekat dengan bayi. Namun, bayi baru lahir masih sangat rapuh dan sensitif. Jadi, tentu saja, jika Anda merasa gugup jika saya harus memandikan bayi Anda. Terutama jika ini adalah pertama kalinya Anda memandikan bayi yang baru lahir. Tidak perlu khawatir, dengan mengikuti panduan berikut, memandikan bayi Anda akan saat-saat yang indah dan begitu lama ditunggu.

Baca Juga : Perut Bunyi Tapi Tidak Lapar, Apa Penyebabnya?

Bayi yang baru lahir perlu seberapa sering mandi?

Bayi yang baru lahir tidak benar-benar perlu mandi terlalu sering. Apa yang penting bagi Anda untuk mengubah bayi, juga untuk membersihkan tubuh. Jika kamar mandi terlalu sering, bayi kulit kering. Biasanya mandi bayi baru lahir 3-4 kali seminggu atau setiap hari cukup.

Namun, Anda dapat beradaptasi dengan kondisi bayi. Karena Indonesia adalah negara tropis di mana suhu cukup tinggi dan lembab, Anda dapat memandikan bayi setiap hari. Ada juga orang tua yang baru lahir mandi bayi dua kali sehari.

Kapan waktu terbaik untuk memandikan bayi yang baru lahir?

Hindari mencuci bayi setelah menyusui. Mandi setelah perut diisi bayi Anda mungkin merasa tidak nyaman. Apalagi jika ia merasa tertekan perutnya, bayi Anda mungkin muntah. Kami merekomendasikan waktu untuk memilih luang Anda sendiri. Dengan cara itu Anda dapat fokus pada bayi dan tidak terburu-buru.

Anda dapat mandi bayi di pagi hari ketika suasana hati bayi Anda adalah baik dan ia tidak mengantuk. Bayi mandi di sore hari tidak masalah. Yang penting bahwa Anda memastikan untuk mengambil dingin.

Memandikan bayi baru lahir yang tali pusarnya belum lepas

Mayoritas anak-anak di bawah usia dua sampai tiga minggu dari tali pusat belum. Hati-hati, karena biasanya tali pusat masih agak basah dan tidak harus bersentuhan dengan air. Untuk itu, Anda bisa mandi dengan cara, menyeka tubuhnya dengan kain lap atau kain lembut. Pertimbangkan langkah-langkah berikut.

  • Sebuah meja dek atau permukaan datar, seperti lantai dengan bantalan tahan air atau handuk lembut. Anda dapat juga di atas meja untuk mengganti popok
  • Letakkan bayi Anda di punggungnya, memegang bagian belakang kepala dan leher dengan tangan Anda
  • Lap badan, kepala dan wajah bayi Anda dengan lembut dengan waslap yang dibasahi dengan air cukup panas
  • Setelah tubuhnya basah, lap kembali dengan kain lap dengan sabun sangat lembut dan aman bagi bayi yang baru lahir
  • Membersihkan kelopak mata, siapkan dua buah katun lembut yang tidak banyak serat. Mulai dari mata dekat hidung dan menghapus. Ulangi pada kelopak mata lainnya dengan kapas baru
  • Pastikan Anda juga menghapus takik tubuh seperti ketiak, leher, belakang telinga dan bagian belakang lutut
  • Selesai dengan membersihkan alat kelamin dan bokong bayi, dari depan ke belakang
  • Angkat bayi Anda dengan kedua tangan dan bungkus handuk untuk mengeringkan
  • Sebelum memakai popok atau pakaian, boneka hewan dan gesper bayi gesper karena dapat memberikan stimulus untuk perabanya indra sambil membangun ikatan yang kuat antara Anda dan bayi Anda

Baca Juga : Bahaya Vape dan Rokok Elektrik Pada Paru-Paru

Mandi bayi tali pusat lepas

Setelah bayi Anda bekas luka pusar longgar dan kering, Anda dapat mulai mencuci bayi pada bayi bak mandi. Caranya sangat sederhana. Memeriksa langkah-langkah di bawah ini.

  • Siapkan mandi bayi dengan air panas (pada suhu sekitar 37 derajat Celcius) setinggi 5 cm
  • Dengan tangan Anda, bergerak bayi di bak mandi dengan palsu agak tegak
  • Jauhkan bagian belakang kepala dan leher dengan tangan yang tidak dominan
  • Mulailah dengan lembut mengusap wajah bayi dengan kain lap, diikuti oleh kepala dan seluruh tubuhnya
  • Tuangkan sabun aman untuk bayi yang baru lahir lap
  • Usap lagi wajah dan bayi tubuh, jangan lupa untuk membersihkan setiap kurva dan lipatan tubuh (tidak perlu masuk ke dalam telinga atau hidung)
  • Bersih kedua kelopak mata bayi dengan kain lembut atau kapas tidak memiliki banyak serat
  • Selesai dengan membersihkan area genital dan bokong bayi, dari depan ke belakang
  • Perabanya untuk merangsang indra, biarkan bayi untuk menikmati waktu mandi dan menuangkan air panas ke dalam perut atau bahu perlahan
  • Angkat bayi Anda dengan kedua tangan dan bungkus handuk kering
  • Pelukan dan gesper-gesper bayi setelah mengikat mandi dan kasih sayang antara ibu dan anak

Itulah mungkin artikel tentang “Langkah-langkah Memandikan Bayi yang Baru Lahir” yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga artikel yang sudah kami sampaikan bisa bermanfaat bagi anda semua, dan semoga menjadi solusi untuk hidup sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Terimakasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini, Salam sehat dari kami TOKO ZAHRA HERBAL.

Posted by : TokoZahraHerbal.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *