Asus-X751-AC-Power Asus-UL30Vt-X1k-AC-Adapter Asus-Zenbook-UX303-AC-Power Asus-TP550L-AC-Power Sony-Vaio-VPCEB26GM-AC-Adapter Alienware-P18E-Power-Supply-Adapter Surface-2-1572-Power-Supply-Adapter Asus-TP500LA-DH71T-AC-Power MSI-GT60-0NC-004US-AC-Power Asus-X751-AC-Power Asus-X751-AC-Power Asus-UL30Vt-X1k-AC-Adapter Asus-Zenbook-UX303-AC-Power Asus-TP550L-AC-Power Sony-Vaio-VPCEB26GM-AC-Adapter Alienware-P18E-Power-Supply-Adapter Surface-2-1572-Power-Supply-Adapter Asus-TP500LA-DH71T-AC-Power MSI-GT60-0NC-004US-AC-Power Asus-UL30Vt-X1k-AC-Adapter apple-60w-magsafe-power-adapter charger-for-macbook-pro 60w-magsafe-power-adapter galaxy-s4-charger samsung-note-4-charger dell-65w-ac-adapter galaxy-s3-battery-charger apple-85w-magsafe-2-power-adapter samsung-note-10.1-charger 60-watt-magsafe-power-adapter 60-watt-magsafe-power-adapter

Manfaat Berhenti Merokok

Manfaat Berhenti Merokok

Selamat datang disitus resmi TOKO ZAHRA HERBAL Penjual obat alami dan tradisional yang mempu mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan, dalam kesempatan kali ini mari kita sama sama cari tahu apa Manfaat Berhenti Merokok? dan bagaimana cara cepat untuk berhenti merokok.

Nah didalam artikel ini anda bisa mendapatkan pengetahui jauh tentang manfaat berhenti merokok dan cara berhenti merokok, Bagi anda semua khususnya para pria yang sudah lazim sering menghisap rokok mari kita simak manfaat yang menakjubkan dari berhenti merokok.

Manfaat Berhenti Merokok

Sebatang rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia, banyak di antaranya beracun dan menyebabkan kanker. Mengisap rokok secara terus-menerus sama saja seperti menumpuk racun pada tubuh yang bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda di masa mendatang.

Manfaat Berhenti Merokok

Ketika memutuskan berhenti merokok, percayalah, Anda tidak akan mengalami kerugian apa pun. Sebaliknya, begitu banyak manfaat bisa dirasakan setelah berhenti mengisap tembakau gulung yang mematikan ini.

  • Terhindar dari stres. Selama ini Anda berpikir bahwa merokok bisa mengatasi stres berkat kandungan nikotin. Namun sebenarnya yang sedang terjadi adalah Anda mengalami gejala putus obat dari nikotin dan merokok terasa menenangkan. Perlu diketahui bahwa efek ini hanya sementara. Nikotin bukanlah obat untuk meredakan stres. Malah menurut penelitian tingkat stres orang yang berhenti merokok akan menurun ketimbang saat mereka masih merokok.
  • Memiliki keluarga yang sehat. Inilah yang penting. Keluarga yang Anda cintai akan sehat karena terbebas dari bahaya asap rokok.
  • Terlihat muda. Merokok bisa mengurangi asupan oksigen ke kulit sehingga membuat kulit Anda terlihat tua. Namun ketika berhenti merokok, kulit Anda akan mendapat lebih banyak oksigen, sehingga mencegah penuaan dini dan munculnya keriput.
  • Meningkatkan kesuburan. Lapisan rahim dan kualitas sperma akan membaik setelah berhenti merokok. Itu berarti, kesempatan untuk memiliki anak lebih tinggi ketimbang saat masih merokok.
  • Senyuman terlihat lebih menawan. Ketika merokok, gigi akan terlihat kuning dan bernoda. Namun setelah berhenti, gigi akan terlihat lebih putih dan bau napas pun akan lebih segar ketimbang dulu.
  • Performa seks lebih baik. Dengan berhenti merokok, aliran darah akan menjadi lebih lancar dan memberi efek baik pada sensitivitas Anda. Kualitas seks pun akan lebih baik. Para pria akan mengalami ereksi yang lebih baik, sementara pada wanita akan lebih mudah terangsang dan mengalami orgasme.
  • Terhindar dari penyakit mematikan. Risiko terkena kanker paru-paru, stroke, serangan jantung, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker bibir dan kanker lidah akan menurun setelah Anda berhenti merokok.

Tidak hanya pada kesehatan, merokok juga bisa menghemat pengeluaran Anda. Coba bayangkan, jika misalnya sehari Anda bisa menghabiskan sebungkus rokok seharga Rp. 13.000, maka dalam sebulan Anda bisa menghemat Rp. 390.000 atau dalam setahun Anda bisa menyimpan uang sebesar Rp. 4.680.000. Uang itu bisa Anda gunakan untuk hal-hal yang berguna. Tidak hanya terbakar secara percuma dan merugikan kesehatan sendiri.

Baca Juga : Obat Penambah Tinggi Badan Yang Cepat

Berikut ini adalah kronologi waktu mengenai reaksi yang terjadi pada tubuh setelah batang rokok terakhir Anda.

  • 20 menit

Salah satu efek merokok adalah tekanan darah serta laju jantung yang meningkat akibat nikotin yang meracuni sistem peredaran darah. Manfaat dari berhenti merokok sudah dapat terlihat sejak hitungan menit pertama. Kurang lebih 20 menit setelah rokok terakhir, detak jantung Anda akan mulai menurun dan stabil ke tingkat normal.

  • 2 jam

Ujung-ujung jari tangan dan kaki Anda akan mulai terasa hangat akibat sirkulasi darah periferal yang memulih secara bertahap. Namun awas! Dalam periode waktu ini Anda akan rentan mengalami “sakaw” nikotin.

Tanda dan gejala awal dari sakaw nikotin, termasuk:

          =>ngidam parah

          =>kecemasan, tegang, frustasi

          =>mengantuk atau insomnia

          =>peningkatan nafsu makan

          =>kesemutan di telapak tangan atau kaki

          =>berkeringat

          =>sakit kepala

  • 8-12 jam

Karbon monoksida jika dikonsumsi dalam jumlah besar akan menggantikan oksigen untuk mengikat diri pada sel darah merah dan menyebabkan berbagai masalah jantung.

8 jam pertama setelah Anda berhenti merokok, kadar karbon monoksida dalam tubuh akan mulai menurun dan tergantikan dengan oksigen.

  • 24 jam

Peluang serangan jantung pada kelompok perokok lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok bukan perokok, mencapai 70%. Kabar baiknya, setelah 24 jam dari rokok terakhir Anda, risiko serangan jantung yang selama ini menghantui Anda akan menurun secara bertahap.

Paru-paru Anda juga akan mulai melunturkan lendir dan zat-zat racun yang menempel menghalangi jalur pernapasan Anda. Perhatikan pula gejala “sakaw” yang biasa muncul di fase ini. Seiring dengan kinerja paru yang mulai membaik, Anda mungkin akan mengalami gejala flu umum (sakit tenggorokan, batuk, dan permasalahan pernapasan lainnya).

  • 48 jam

Nikotin menyebabkan kecanduan kimiawi yang memberikan sinyal pada tubuh Anda untuk memenuhi kebutuhan kadar nikotin hingga kadar tertentu dalam waktu yang pasti. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi, candu rokok bisa mengakibatkan penumpulan indera, terutama indera penciuman dan perasa.

Setelah 48 jam, ujung-ujung saraf akan tumbuh kembali sehingga kedua indera tersebut akan bekerja seperti sedia kala.

  • 3 hari

Pada tahap ini, seluruh kadar nikotin yang tersisa dalam tubuh Anda akan menghilang seluruhnya. Kabar buruknya, di fase ini pulalah gejala “sakaw” akan rentan timbul dan meningkat. Anda mungkin akan mengalami mual, kram, dan berbagai masalah emosional sebagai tambahan dari gejala awal putus nikotin.

Ketegangan dan rasa ngidam akan perlahan menumpuk selama fase ini, terkadang hingga tidak tertahankan.

Untuk melawan “sakaw”, hadiahkan atau manjakan diri Anda atas rekor personal pencapaian bersih dari rokok saat ini. Gunakan uang rokok untuk membeli baju, misalnya, atau sepatu lari yang sudah lama Anda idam-idamkan.

  • 2-12 minggu

Merokok memengaruhi sirkulasi darah Anda, membuat segala aktivitas fisik yang Anda jalankan terasa berat dan menyiksa. Akibatnya, kesehatan tubuh Anda menurun.

Setelah berminggu-minggu lepas dari cengkeraman nikotin, kini Anda bisa berolahraga atau melakukan rutinitas fisik lainnya tanpa perlu merasa sakit dan kecapekan. Pemulihan tenaga ini disebabkan oleh proses regeneratif tubuh yang mulai aktif kembali. Fungsi paru dan pernapasan Anda juga akan mulai membaik.

Umumnya, gejala “sakaw” akan mulai menurun saat seseorang berhasil mencapai fase ini.

  • 3-9 bulan

Berbulan-bulan setelah Anda bebas rokok, kesehatan tubuh Anda akan semakin meningkat. Batuk-batuk, suara mengi, dan kesulitan bernapas akibat merokok yang selama ini Anda keluhkan akan perlahan menghilang seiring dengan proses regeneratif paru-paru Anda.

Gejala sakaw akan hilang sama sekali di tahap ini.

  • 1 tahun

Fase ini merupakan batu loncatan yang sangat monumental untuk Anda.

Rokok merusak dinding arteri dan menyebabkan penyumbatan pada arteri akibat zat berlemak (atheroma) yang menumpuk. Setelah satu tahun benar-benar terbebas dari merokok, risiko berbagai penyakit jantung (jantung koroner, angina, stroke) akan menurun drastis hingga 50% jika dibandingkan saat Anda masih merokok.

Penyakit-penyakit yang berasal dari bahaya rokok

Merokok bagi sebagian orang adalah hal yang sangat merugikan karena selain boros, merokok juga sama sekali tidak ada manfaatnya malahan hanya dapat menimbulkan penyakit dari bahaya rokok tersebut. Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh bahaya rokok tersebut dan itu sudah terpampang dalam setiap bungkus rokok tersebut tetapi para pecandunya tidak menghiraukannya sama sekali. Beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh bahaya rokok tersebut diantaranya adalah:

  • Diabetes
  • Impotensi
  • Kanker usus
  • Kanker Ginjal
  • Kanker mulut
  • Aterosklerosis
  • Kanker serviks
  • Gangguan janin
  • Kanker Payudara
  • Kanker paru paru
  • Serangan Jantung
  • Kanker tengorokan
  • Kanker kerongkongan
  • Gangguan pernapasan
  • Penyakit jantung koroner
  • Penyakit paru obstruktif kronik

Seperti itulah bahaya rokok bagai kesehatan anda, ternyata banyak sekali penyakit yang bisa disebabkan dari bahaya rokok. Bagi anda yang tidak merokok jangan sekali-kali anda mencoba iseng-iseng merokok karena kalau sudah ketagihan anda akan susah sekali menghindarinya. Dan bagi anda yang ingin berhenti merokok maka bulatkan tekad anda untuk menjauhi rokok, kalau dengan niat yang kuat dan penuh kesabaran maka cepat atau lambat anda akan bisa berhenti untuk merokok.

Mari Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang tidak mudah, terutama bagi Anda yang sudah bertahun-tahun berkebiasaan merokok. Namun jika Anda memiliki tekad kuat, maka tidak ada kata mustahil. Tidak perlu khawatir dengan mitos-mitos yang beredar, seperti berhenti merokok bisa membuat Anda stres, gemuk, dan lainnya. Tetapkan pendirian Anda untuk menjadikan hidup lebih baik lagi.

Berikut ini beberapa tips agar bisa terbebas dari rokok :

  • Tetapkan tanggalnya. Perlu ada tanggal pasti kapan Anda mulai melakukannya, meski ada saja hambatan ketika Anda mulai mencobanya, seperti stres. Stres merupakan hambatan terbesar yang akan Anda alami ketika memutuskan untuk berhenti merokok. Jadi ketika sudah mendekati tanggal, Anda harus siap secara mental dan emosional. Ingat, jangan menundanya lagi. Makin cepat Anda memulai, maka makin panjang usia Anda.
  • Fokus pada manfaatnya. Begitu banyak manfaat kesehatan yang akan Anda rasakan ketika berhenti merokok, seperti yang disebutkan di atas, menghindarkan orang-orang yang Anda cintai dari penyakit akibat menjadi perokok pasif, dan menghemat uang.
  • Minta dukungan. Utarakan niat baik ini kepada orang-orang terdekat, seperti pasangan, keluarga, dan sahabat. Mereka yang peduli kepada Anda pasti akan mendukung Anda untuk hidup sehat dan dukungan itu akan sangat berarti. Anda bisa juga mengajak sesama perokok untuk berhenti bersama-sama. Dengan demikian, Anda bisa saling mendukung hingga benar-benar lepas dari rokok.
  • Gerakkan tubuh. Selain membuat tubuh menjadi sehat, aktif bergerak bisa mengalihkan serta mengurangi keinginan Anda untuk merokok. Anda bisa lari mengelilingi komplek rumah Anda, lompat tali, sit-up atau olahraga lainnya yang bisa dilakukan tanpa perlu persiapan khusus. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga bisa Anda lakukan, seperti menyapu, mengepel lantai, atau menyirami tanaman. Ketika hasrat merokok muncul di kantor, Anda bisa mengalihkannya dengan beranjak dari kursi lalu berjalan-jalan ke luar ruangan, naik-turun tangga, atau olahraga ringan seperti lari di tempat.
  • Jalani pengobatan medis. Konsultasikan keinginan Anda untuk berhenti merokok kepada dokter. Biasanya langkah medis yang digunakan untuk mengatasi ini adalah terapi pengganti nikotin (NRT). Efek nikotin bisa Anda dapatkan dari permen karet atau tablet isap yang semuanya mengandung nikotin.
  • Hindari semua pemicu. Hindari segala hal yang memicu Anda untuk merokok, seperti berkumpul bersama teman-teman yang perokok. Hindari pula tempat-tempat yang kira-kira dipenuhi oleh perokok. Singkirkan pula semua rokok atau asbak di rumah Anda.
  • Selalu siapkan permen di kantong. Ketika hasrat itu datang, kunyahlah sesuatu, seperti permen. Ini bisa membantu Anda untuk tidak merokok.
  • Katakan tidak pada rokok. Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, cobalah untuk mendisiplinkan diri. Mungkin sesekali Anda tergiur untuk merokok dan berkata, “Satu batang saja tidak masalah.” Sebaiknya jauhkan pikiran tersebut. Mengisap rokok meski hanya sebatang bisa memicu Anda untuk terus-menerus mengisap sebatang rokok lagi dan lagi.

Jadikan kehidupan Anda lebih berkualitas dengan menjalaninya tanpa rokok. Berhenti merokok jangan ditunda-tunda lagi, mulai lakukan dari sekarang.

Nah itulah penjelasan tentang Manfaat Berhenti Merokok yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, salam sehat dari kami TOKO ZAHRA HERBAL.

Zahra Herbal

Baca Juga :

Minum Obat Flu Saat Menyusui, Apakah Aman?

Seberapa Keras Suara yang Bisa Merusak Telinga?

Manfaat Berhenti Merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *