Pantangan Bagi Penderita Gagal Ginjal

By | March 20, 2015

Pantangan Bagi Penderita Gagal Ginjal

Pantangan Bagi Penderita Gagal Ginjal merupakan salah satu faktor paling penting dalam upaya untuk sembuh dari penyakit gagal ginjal yang tengah diderita. Pasalnya pada setiap penyakit pasti memiliki penyebab atau faktor pemicunya yang bisa memperparah atau menghambat proses pengobatan serta penyembuhannya, sehingga faktor-faktor tersebutlah yang biasanya menjadi salah satu pantangan yang harus dihindari oleh penderita untuk mempercepat proses pengobatan, sebab percuma saja jika melakukan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit, jika hal yang dapat memperparah penyakitnya justru tidak dihindari dan dijauhi, itu sama saja melakukan hal yang sia-sia belaka. Untuk itu, disini kami akan berbagai sedikit informasi mengenai beberapa pantangan buat penderita gagal ginjal.

Seseorang yang mengalami kondisi gagal ginjal, apalagi yang sudah menjalani cuci darah (hemodialisa) memiliki satu pantangan utama yaitu makanan karena banyak jenis makanan yang justru bisa memperparah kondisinya. Selama dalam masa pemulihan, dokter pun akan merekomendasikan diet khusus untuk membantu mendukung kondisi ginjal dan membatasi pekerjaan yang harus dilakukan organ penting tersebut. Hal ini termasuk merekomendasikan seorang pakar nutrisi untuk menganalisis kondisi pola makan penderita dan menyarankan pola makan tertentu yang memudahkan ginjal untuk memprosesnya.

Pantangan Bagi Penderita Gagal GinjalBergantung pada situasi semacam itu, pakar nutrisi akan merekomendasikan sejumlah trik pengaturan pola makan berikut ini :

1. Pilih Makanan yang Rendah Kalium

Pakar nutrisi akan merekomendasikan penderita gagal ginjal untuk makan makanan yang rendah kalium. Bahan makanan yang tinggi kalium diantaranya pisang, jeruk, kentang, bayam dan tomat sedangkan makanan yang rendah kalium yaitu apel, kubis, buncis, anggur dan stroberi.

2. Hindari Makanan Olahan dengan Garam Tambahan

Pantangan Bagi Penderita Gagal Ginjal berikut ini adalah menghindari olahan makanan dengan garam tambahan yang berlebih, karena natrium dapat menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh sehingga jumlah asupan makanan yang mengandung natrium harus dibatasi, terutama jika penderita juga mengidap tekanan darah tinggi (hipertensi) dan edema (pembengkakan).

Kurangi jumlah garam yang dimakan penderita setiap harinya dengan menghindari produk-produk makanan olahan yang memakai tambahan garam, termasuk makanan beku, sup kalengan dan makanan cepat saji. Begitu juga dengan cemilan asin, sayuran kaleng dan daging atau keju olahan.

3. Batasi Asupan Fosfor

Fosfor adalah salah satu jenis mineral yang banyak ditemukan pada makanan seperti susu, keju, kacang kering, kacang-kacangan dan selai kacang. Kelebihan jumlah fosfor dalam darah penderita akan melemahkan tulang dan menyebabkan kulit gatal-gatal.

Meskipun dokter akan memberikan obat-obatan pengikat fosfat untuk mengurangi penumpukannya, namun penggunaan bahan-bahan makanan berfosfat masih harus diperhatikan. Pakar nutrisi akan memberikan rekomendasi yang spesifik terkait asupan fosfor dalam makanan untuk kondisi gagal ginjal pada masing-masing penderita.

4. Hindari Rokok dan Minuman Keras

Selain meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, merokok dan mengonsumsi minuman keras dapat memperburuk kondisi gangguan ginjal yang sudah terjadi. Selain meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, mengonsumsi minuman keras secara berlebihan akan meningkatkan tekanan darah Anda.

5. Olahraga Teratur

Naiknya tekanan darah dan risiko berkembangnya gagal ginjal dapat diminimalkan dengan olahraga teratur. Anda disarankan untuk menjalankan aktivitas aerobik dengan intensitas menengah seperti berenang atau lari pagi selama setidaknya 2-3 jam tiap minggu.

6. Baca Petunjuk Obat

Pastikan Anda mengikuti petunjuk pemakaian jika Anda memang harus mengonsumsi obat pereda sakit, karena konsumsi obat anti-inflamasi non-steroid seperti aspirin dan ibuprofen dalam dosis berlebih dapat menyebabkan gangguan ginjal.

Itulah beberapa Pantangan Bagi Penderita Gagal Ginjal yang harus dijauhi dan dihindari, agar upaya untuk menyembuhkan gagal ginjal yang tengah diderita tidak terhambat. Dan jika anda belum punya solusi mengobati gagal ginjal, jangan khawatir karena kami punya solusi terbaik paling tepat dan telah terbukti ampuh mengobati dan menyembuhkan gagal ginjal, yaitu Ace Maxs herbal, ramuan tradisional alami ampuh, manjur dan mujarab mengobati serta menyembuhkan gagal ginjal tanpa efek samping apapun.

ace maxs 42Pantangan Bagi Penderita Gagal Ginjal

Recommended Posts :

.

Saatnya berbagi kebaikan.....
Share on Google+2Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1Digg thisShare on StumbleUpon1Share on VKShare on Tumblr0Pin on Pinterest0Share on Reddit0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *