Pantangan Makanan Bagi Penderita Usus Buntu

Pantangan Makanan Bagi Penderita Usus Buntu

Jauhi Pantangan Makanan bagi Penderita Usus Buntu, karena sangat membahayakan kondisi kesehatan pada usus buntu anda, jangan sampai di konsumsi. Bagi anda yang belum mengetahuinya saya akan bahas beberapa jenis makanan yang tidak baik di konsumsi bagi penderita usus buntu.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Usus Buntu

Makanan yang tidak baik untuk di konsumsi penderita usus buntu sangatlah beragam dan banyak jenis, akan tetapi sebelum membahas makanan yang di larang penderita usus buntu, apakah anda sudah mengetahui penyakit usus buntu ?

Jika masih ada yang belum mengetahui penyakit usus buntu saya akan mebahasnya terlebih dahulu.

Penyakit usus buntu atau apendisitis bisa terjadi ketika usus buntu meradang, pecah, dan mengalami infeksi. Peradangan terjadi akibat kotoran yang menumpuk dan mengeras didalam usus sehingga membuat usus terluka, karena isi dari usus itu sisa sisa makanan atau kotoran sehingga usus yang terluka sangat rawan terkena bakteri sisa sisa makanan sehingga mengakibatkan infeksi dan peradangan didalam usus. Maka dengan itu jika sudah mulai terasa geajala gejala penyakit usus buntu, harus sesegera mungkin melakukan pengobatan usus buntu.

Penyebab usus buntu

  • Berlari setelah makan

Mereka yang berlari tak lama setelah makan biasanya akan mengalami rasa nyeri pada perut. Rasa nyeri yang timbul membuat beberapa orang menyimpulkan bahwa lari setelah makan dapat menimbulkan usus buntu. Anggapan tersebut ditepis oleh beberapa dokter dari Divisi Digestif RSCM Kencana. Menurutnya, rasa nyeri tersebut timbul lantara sirkulasi darah yang seharusnya menuju usus dialihkan ke otot. Itulah mengapa tidak disarankan mengkonsumsi makanan berat sesaat sebelum berolahraga.

  • Terlalu sering menyantap mie instan

Anggapan bahwa bumbu mie instan dapat menyebabkan usus buntu ditepis oleh beberapa dokter dari RS Premier Bintaro. Menurutnya, kreap menyantap mie instan tak berhubungan dengan terjadinya radang pada sekum. Peradangan pada usus buntu kerap disebabkan oleh pembengkakan jaringan limfoid, kinking pada usus buntu, serta kotoran yang membantu di dalam usus buntu. Untuk mengurangi risiko usus buntu, ia menyarankan agar kerap mengkonsumsi sayuran.

  • Merebahkan tubuh setelah makan

Hal ini ditepis oleh dokter dari divisi gastroenterologi, Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM. Menurutnya merebahkan tubuh setelah makan tak akan menyebabkan peradangan usus buntu. Risiko yang akan timbul jika seseorang kerap berbaring setelah makan adalah naiknya asam lambung.

  • Hobi Menyantap makanan pedas

Menurut beberapa Dokter dari RS Royal Taruma Jakarta, anggapan tersebut hanya mitos belaka. Menurutnya, tak ada kaitan langsung antara kegemaran menyantap hidangan pedas dengan terjadinya peradangan usus buntu.

Tidak ada hubungan langsung antara makanan pedas dengan radang usus buntu. Karena radang usus buntu terjadi karena infeksi atau radang dari bakteri.

  • Menahan BAB

Kerap menahan Buang air besar sering dikaitkan dengan risiko usus buntu. Menurut Dr Fahrial, anggapan tersebut tidak benar karena tak ada kaitan langsung antara menahan BAB dengan peradangan pada usus buntu. Meski demikian, radang pada usus buntu bisa diakibatkan karena da kotoran atau feses yang membatu di dalam sekum. Untuk mencegahnya, konsumsi sayuran harus diperbanyak agar pembuangan feses lancar dan kotoran tak membatu di dalam usus.

Pantangan Makanan bagi Penderita Usus Buntu

Diera modern, memang sangat sulit untuk menghindari makanan dibawah ini, namun apabila dihadapkan pada kenyataan divonis menderita usus buntu. mau tidak mau, anda harus menjauhi makanan-makanan yang berbahaya ini.

  • Makanan Yang Pedas

Makanan yang pedas akan menimbulkan rasa panas pada perut bagian dalam. Jika sedang terjadi peradangan pada usus buntu, ini bisa berdampak kurang baik dan justru bisa membahayakan. Makanan pedas seperti sambal, saus, gorengan pedas, cabe, atau keripik pedas sebaiknya dihindari. Jika Anda tidak ingin radang usus buntu Anda semakin parah, jangan mengonsumsi makanan pedas. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang ringan, seperti nasi yang masih hangat, bubur, sup, atau makanan yang direbus.

  • Makanan Yang Terlalu Dingin (es)

Makanan atau minuman yang dingin (es) juga sebaiknya dihindari saat menderita usus buntu maupun setelah melakukan operasi, tidak kebali terjadi usus buntunya. Makanan yang dingin akan memberi efek yang mengagetkan pada usus. Suhu di dalam perut perlu dijaga keseimbangannya untuk menghindari komplikasi yang berbahaya.

  • Yang Mengandung Kafein

Kandungan kafein akan membuat organ dalam tubuh bekerja lebih keras. Ini juga akan membangkitkan kelenjar limfoid yang tersimpan di usus buntu. Padahal, usus buntu sedang mengalami peradangan. Karenanya, sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi, permen kopi atau jenis minuman berkafein lainnya.

  • Buah Nanas dan Semangka

Selama menjalani perawatan untuk radang usus buntu, sebaiknya menghindari buah nanas dan semangka. Ini karena buah-buah ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga mampu lebih cepat melancarakan laju sisa makanan sehingga dikhawatirkan akan mendesak usus besar yang sedang terkena radang. Buah-buah ini memang baik untuk mencegah usus buntu, tetapi tidak baik saat dalam masa proses penyembuhan.

  • Mengandung Minyak

Makanan berminyak akan membuat timbunan sisa makanan semakin banyak dan membuat perut Anda semakin bengkak. Karenanya, hindari makanan berminyak dan mengandung margarin lainnya. Jangan sekali pun makan makanan yang digoreng atau roti isi.

Jadi itulah beberapa jenis pantangan makanan bagi pendeirta usus buntu, ingat penting untuk anda hindari. Bagi anda yang telah mengalami penyakit usus buntu, sebaiknya segeralah anda melakukan pengobatan usus buntu dengan mengkonsumsi obat herbal ace maxs yang aman dan tepat untuk mengatasi usus buntu. Simak artikel lengkapnya mengenai obat herbal ace maxs >>>>>

Artikel lainnya :

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *