Pantangan Makanan Penyakit Wasir

Pantangan Makanan Penyakit Wasir

Penting untuk anda ketahui pantangan makanan penyakit wasir, supaya anda tidak akan salah pilih mengkonsumsi makanan yang baik dan yang tidak baik bagi penderita wasir.

Pantangan Makanan Penyakit Wasir

Wasir, atau sering disebut ambeien (dalam bahasa Inggris atau Latin disebut Hemorrhoid dan dalam bahasa kedokteran disebut Piles) adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan. Dalam beberapa kasus, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau berdiri, faktor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat buang air besar (biasanya akibat konstipasi) dan dapat terjadi juga pada wanita hamil. Tetapi umumnya, penyebabnya adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri, juga lebih rawan terjadi pada wanita daripada pria. Itu disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena (misalnya saat menstruasi atau hamil) dibandingkan pria.

Penyebab Terjadinya Wasir

Sejumlah faktor dapat menyebabkan formasi dari wasir termasuk kebiasaan buang air besar tidak teratur (konstipasi atau diare), olahraga, nutrisi (diet rendah serat), peningkatan tekanan intra-abdomen (berkepanjangan tegang), kehamilan, genetika, tidak adanya katup dalam vena hemoroid, dan penuaan. Faktor lain yang dapat meningkatkan tekanan vena rektum sehingga wasir termasuk obesitas dan duduk untuk jangka waktu yang lama. Selama kehamilan, tekanan dari janin di perut dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemorrhoidal untuk memperbesar. Persalinan juga menyebabkan peningkatan tekanan intra-abdomen. Terapi pembedahan jarang diperlukan, sebagai gejala ini biasanya hilang pasca melahirkan.

Pantangan makanan penyakit wasir

Pantangan makanan tersebut adalah sebagai berikut ini :

  • Sebaiknya, hindari makan makanan yang terlalu pedas. Entah itu pedasnya berasal dari cabe ataupun lada. Karena hal tersebut bisa membuat ambeien Anda semakin memburuk. Kalaupun Anda tidak bisa langsung menghindarinya, karena Anda memang pecinta makanan pedas, maka kurangi saja makanan pedas tersebut sedikit demi sedikit.
  • Hindari minuman yang berasal dari jahe. Karena jahe bisa membuat tubuh kita menjadi panas, dan akhirnya wasir yang Anda miliki pun menjadi lebih memburuk.
  • Hindari minuman softdrink atau berkarbonasi, serta hindari juga minuman suplemen lainnya. Karena minuman tersebut bisa membuat feses Anda menjadi lebih keras dan berukuran besar. Sehingga jika hal ini dibiarkan begitu saja, bisa saja feses Anda melukai dan membuat iritasi pada anus Anda. Terlebih jika Anda memiliki ambeien, maka dengan kerasnya feses tersebut, bisa saja memicu terjadinya pengeluaran darah segar pada anus, hingga akhirnya akan menyebabkan infeksi dan gatal-gatal pada area anus di bagian luar.
  • Jika Anda perokok berat, sebaiknya kurangi merokok sedikit demi sedikit. Karena merokok bisa membuat ambeien Anda semakin parah. Itulah sebabnya, kalau bisa kurangi merokok hingga akhirnya Anda bisa lepas dari rokok demi keselamatan diri Anda.
  • Jika Anda sekarang ini ingin BAB, sebaiknya segeralah berangkat. Karena dengan menunda BAB meskipun hanya 4 menit saja, hal tersebut bisa menjadi pemicu terjadinya ambeien.
  • Kalaupun feses Anda keras dan sulit untuk dikeluarkan, sebaiknya hindari mengejan dengan menggunakan otot anus terlalu kuat. Karena hal tersebut bisa memperbesar masalah ambeien Anda.

Demikian artikel mengenai pantangan makanan penyakit wasir, semoga artikel di atas dapat bermanfaat. Untuk pengobatan wasir, kami di sini menyarankan anda untuk memilih ace maxs sebagai bahan pengobatan wasir yang sangat efektip dan aman untuk di konsumsi. Bagi anda yang ingin mengetahui info lengkap tentang obat herbal ace maxs, anda klik saja di sini !

Artikel Lainnya

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *